3 Tanda IC Power Ponsel Anda Mengalami Kerusakan

Sebagai salah satu komponen ponsel yang rentan rusak, IC Power biasanya ditangani teknisi dengan power supply HP dan alat servis lainnya. Fungsi IC Power sendiri adalah membagikan tegangan daya ke sejumlah komponen penting seperti layar ponsel, sinyal, IC lainnya, dan bagian-bagian yang ada di dalam PCB. Jika bermasalah atau rusak, IC Power akan membuat ponsel tidak dapat menjalankan fungsi sampai mati total.

Ada pun sejumlah faktor yang menyebabkan masalah pada IC Power, antara lain ponsel sudah tua, kebiasaan mengisi daya terlalu lama, overheating, dan ada komponen dalam yang terkena air. Lantas sebagai bentuk antisipasi, berikut sejumlah ciri yang diperlihatkan IC yang telanjur rusak, khususnya pada ponsel berbasis Android.

Ponsel mati total

Seperti yang disinggung sebelumnya, ponsel yang mendadak mati dan tak bisa dihidupkan lagi adalah tanda utama dari IC Power yang bermasalah. Ketika dihubungkan dengan sumber listrik pun tak ada tanda pengisian daya yang biasanya muncul di layar ponsel. Sejumlah teknisi biasanya akan memakai power supply HP untuk mengecek kondisi gawai tersebut.

Sinyal mendadak hilang

Sinyal pada ponsel tetap tidak terdeteksi meski Anda sudah ganti provider SIM? Hal tersebut bisa jadi disebabkan IC Power yang bermasalah. Beberapa orang kadang mendapati sinyal pada ponselnya muncul dan hilang, kurang stabil, dan sangat lemah meski berada di wilayah yang masuk coverage dari pihak provider.

Tak bisa mengisi daya

Ciri lainnya yang diperlihatkan ponsel saat IC Power mengalami penurunan performa adalah baterai yang tak bisa diisi dayanya. Selain itu, meski baterai terisi, kapasitasnya tak akan mencapai 100%. Notifikasi lampu LED pun tak menunjukkan aktivitas pengisian daya sama sekali. Kalau sudah begini, ponsel benar-benar harus dibawa ke teknisi servis yang profesional.

Itulah sejumlah tanda yang bisa Anda kenali dari IC Power yang sudah rusak. Identifikasi dengan power supply HP akan semakin membantu Anda mengenali faktor pemicu, sehingga ponsel tersebut bisa diperbaiki secepatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *